Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79

Bandung (17/08), Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 berlangsung khidmat di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Kepala Perwakilan, Widhi Widayat, bertindak sebagai inspektur upacara. Pada kesempatan tersebut, inspektur upacara juga menyerahkan Satyalancana Karya Satya kepada 10 pegawai di lingkungan Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang telah memasuki masa kerja 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan yang mewakili Ketua BPK RI menyampaikan bahwa peringatan HUT RI yang ke-79 ini marilah kita maknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan untuk mencapai tujuan negara. Hal ini juga selaras dengan hasil telaah sejawat atau peer review untuk penguatan sistem pengendalian mutu BPK dalam rangka kontribusi nyata tersebut. Peer review yang telah dilakukan lima kali sejak tahun 2004 merupakan implementasi dari Pasal 33 UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK sekaligus elemen fundamental dalam proses bisnis pemeriksaan yang efektif dan profesional.

Diakhir sambutannya Ketua BPK menyampaikan, BPK telah memberikan serangkaian sumbangsih nyata melalui pelaksanaan mandatnya. Setiap tahunnya, tak terkecuali di tahun ini, BPK telah menyampaikan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta badan lainnya  tahun 2023, yang secara umum telah menunjukkan kualitas pertanggungjawaban keuangan yang baik. BPK juga tak lepas dari  tantangan, terutama terkait penegakan nilai-nilai dasar dan kode etik. Tantangan  ini tentunya harus kita hadapi dengan komitmen, sinergi, dan usaha berkelanjutan yang kuat secara bersama-sama.