Bupati Bandung: Semua Desa di Pangalengan Terima Dana Panas Bumi dan 22.000 Rutilahu Telah Diperbaiki

Ribuan warga Desa Margamulya dan desa-desa lainnya di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, antusias menyaksikan pagelaran seni dan budaya wayang golek di Lapangan Olahraga DesaMargamulya, Selasa (3/9/2024) malam. Pagelaran ini dihadiri oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Tata Irawan, serta kepala dinas lainnya. Plt. Camat Pangalengan Vena Andriawan, para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan berbagai unsur lainnya juga turut serta.

Acara ini merupakan bagian dari Bupati Ngamumule Desa (Bunga Desa), yang diprakarsai oleh Pemkab Bandung melalui DPMD. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan program prioritas pemerintah serta memperkenalkan produk unggulan desa.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna sebut semua desa di Kecamatan Pangalengan menerima dana bagi hasil panas bumi, sehingga memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes yang besar. Oleh karena itu, bupati yang akrab disapa Kang DS itu menghimbau kepada kepala desa untuk mencadangkan dari anggaran tersebut untuk ketahanan pangan.

Selama tiga tahun menjabat sebagai Bupati Bandung, Dadang Supriatna telah melaksanakan
Bunga Desa di 180 desa. Ia berharap program prioritas yang diluncurkan Pemkab Bandung memberikan manfaat dan berkah bagi masyarakat, seperti insentif guru ngaji dengan anggaran Rp 109 miliar per tahun. Pemkab Bandung juga memberikan hibah kepada para petani di Kecamatan Pangalengan, dengan klasifikasi petani meliputi pemilik, penggarap, dan buruh tani. Mulai 2024, para petani akan mendapatkanBPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, sekitar 17.000 guru ngaji juga mendapatkan…

https://jabar.bpk.go.id/files/2024/09/9_Catatan-Berita-September-2024.pdf