BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Selenggarakan Upacara HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI

Kepala Perwakilan Sebagai Inspektur Upacara
Kepala Perwakilan Sebagai Inspektur Upacara

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69, BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus 2014. Meskipun dilaksanakan pada hari minggu, seluruh pegawai BPK RI dengan hikmat mengikuti rangkaian upacara   yang bertempat di lapangan kantor BPK RI Perwakilan Jawa Barat. Upacara yang dimulai tepat pada pukul 7.30 WIB tersebut dipimpin oleh Kepala Perwakilan, Cornell S. Prawiradiningrat sebagai Inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Kepala Perwakilan yang membacakan pidato tertulis dari Ketua BPK Dr. H. Rizal Djalil, menyampaikan bahwa selama periode tahun 2013 s.d semester II 2014, BPK telah menyampaikan hasil pemeriksaan yang terindikasi pidana sebanyak 441 temuan senilai Rp33,98 triliun dan USD841,88 juta, diantaranya sebanyak 9 temuan senilai Rp934,19 miliar dan USD893.31 ribu disampaikan pada Semester II 2014. Dari 441 temuan tersebut, instansi yang berwenang telah menindaklanjuti 377 temuan dan 131 temuan diantranya telah diputus peradilan.

Pesrta Upacara HUT RI ke-69
Pesrta Upacara HUT RI ke-69

Lebih lanjut Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa BPK mengingatkan kita semua bahwa amanah yang besar dari bangsa Indonesia kepada BPK jangan disia-siakan bahkan  diselewengkan, karena   akan menjadi bumerang bagi BPK sendiri sehingga keberadaan BPK akan dianggap kurang bermanfaat   dalam pembangunan bangsa dan negara. Untuk itu, BPK   secara terus menerus membenahi diri untuk membangun dan menjaga independensi, integritas dan profesionalisme dalam rangka reformasi birokrasi.

Pada akhir sambutannya, Kepala Perwakilan    menyampaikan pesan Ketua BPK agar pencapaian yang telah dilakukan dapat mendorong untuk bekerja dengan lebih baik, dan selalu bersungguh-sungguh dalam setiap penugasan yang diberikan oleh pimpinan. Jadikanlah peringatan proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 ini sebagai momentum untuk tetap berkomitmen menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme dalam rangka menjaga marwah BPK.

Dalam kegiatan yang sama dilakukan pula penganugerahan pengahargaan Satyalancana   Karya Satya 30 tahun kepada Sudi Mulyo dan Asep Nana Suryanto, yang telah mengabdi selama 30 tahun, serta Satyalancana Karya Satya 10 Tahun kepada Ruly Ferdian, Emie Subekti, Jati Hadipryanto, Hasanah dan Rr. Retno Wulansari  yang telah mengabdi selama 10 tahun sebagai pegawai negeri sipil di BPK RI.

Penerima Pengahargaan Satya Lencana Karya Satya 30 dan 10 tahun
Penerima Pengahargaan Satya Lencana Karya Satya 30 dan 10 tahun