Sosialisasi Layanan Perpustakaan BPK RI

1
Jum’at/13 Februari 2015 diadakan Sosialisasi Layanan Perpustakaan BPK RI oleh Perpustakaan Pusat Badan Pemeriksa Keuangan . Kegiatan ini diselenggarkan di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi JawaBarat yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Jawa Barat Ir. R. Cornell Syarif Prawiradiningrat, MM  dan seluruh pegawai.  Adapun sebagai narasumbernya adalah Dewi Kaniasari Kasubag Perpustakaan Badan Pemeriksa Keuangan dan Okkie S.Budiman selaku perwakilan dari vendor CANGAGE Learning.

Adapun yang dibahas dalam acara ini adalah tentang selayang pandang Perpustakan Badan Pemeriksa Keuangan, Jenis layanan, koleksi-koleksi, dan juga koleksi E-Journal yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Menurut Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Provisi Jawa Barat, keberadaan perpustakaan sangat dibutuhkan terutama bagi para auditor. Dimana para auditor dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan sebelum memulai pemeriksaan.

Pada kesempatan kali ini Dewi Kaniasari mengatakan bahwa Perpustakaan BPK RI menggunakan sistem pelayanan terbuka dimana para pemustaka diperbolehkan untuk mencari dan membaca bahan pustaka yang dibutuhkan di ruang koleksi. Pencarian bahan pustaka dibantu dengan sarana temu kembali berupa catalog online / OPAC (online public access catalog) yang terdapat dalam website perpustakaan dengan menggunakan aplikasi SIPuspa.  Koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan BPK RI juga cukup banyak. Salah satunya adalah koleksi terbitan dari BPK itu sendiri, diantaranya adalah Hapsem/Haptah/IHPS, Juknis/Juklak Pemeriksaan dan LHP.

Hadirnya Narasumber yang berasal dari vendor CENGAGE Learning bertujuan untuk memberikan informasi mengenai E-JOURNAL. Dimana seluruh pegawai dapat memperoleh E-JOURNAL yang dibutuhkan dari berbagai Negara sekalipun. Menurutnya seluruh pegawai cukup mengakses situs http://infotrac.galegroup.com/itweb/idbpk , lalu masukan kata kunci jurnal yang kita cari.

Acara sosialisasi tersebut berlangsung selama kurang lebih 2jam lamanya dan ditutup pada pukul 11.00. (**RZ)