Kunjungan Studi Mahasiswa UNIKOM

UN 4

Bandung (16/6), Sebanyak 90 mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) melakukan kunjungan studi ke BPK Perwakilan Provinsi Jabar. Sejumlah mahasiswa tersebut terdiri dari mahasiswa semester 4 dan semester 6 Program Studi Ilmu Akuntansi. Tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi dan prosedur kegiatan audit yang dilakukan oleh BPK dalam rangka memenuhi mata kuliah Akuntansi Keuangan Daerah dan Akuntansi Sektor Publik.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Setyo Prayitno dan didampingi Kepala Subbagian Humas & TU, Dwi Hendianto, berlangsung lancar dan interaktif. Hadir sebagai pembicara dalam kunjungan studi UNIKOM tersebut yaitu Yophi Setiawan (Pengendali Teknis Pemeriksa) dan Aceng Cucu Abdul Kholiq (Anggota Tim Senior), yang dimoderatori oleh Dharmawan (Staf Subbagian Humas & TU). Materi yang disampaikan meliputi tentang BPK, Manajemen Pemeriksaan dan Standar Pemeriksaan; serta contoh-contoh kegiatan pemeriksaan yang dilakukan pemeriksa BPK berikut sharing pengalaman unik selama proses pemeriksaan. Para mahasiswa antusias mengikuti materi yang disampaikan dan mengajukan berbagai pertanyaan seputar kegiatan pemeriksaan yang dilakukan BPK. Beberapa pertanyaan menarik yang diajukan mahasiswa adalah peraturan tentang perpajakan yang membatasi lingkup pemeriksaan BPK dan dampaknya bagi BPK, serta hasil pemeriksaan apa saja yang telah dihasilkan oleh BPK Perwakilan Provinsi Jabar yang telah masuk ke ranah hukum.

UN 5 UN 2

Koordinator Pelaksana Kunjungan Studi, Ony Widilestariningtyas berharap kunjungan studi ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilakukan UNIKOM ke BPK Perwakilan Provinsi Jabar. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada beberapa mahasiswa yang telah mengajukan pertanyaan, dilanjutkan dengan foto bersama.

UN 3